Manfaat Pisang Untuk Kesehatan

Pisang memiliki nama latin Musa paradisiaca. Ia merupakan sejenis buah-buahab berkulit kuning dengan daging buah berwarna putih dan harum. Pisang adalah salah satu jenis buah yang memiliki nutrisi tinggi. Ada banyak manfaat pisang yang bisa menjadi alasan untuk mengkonsumsi buah ini. Selain kaya serat pisang juga beraroma sedap.

Teksturnya yang lembut membuat buah pisang ini dapat dimakan oleh orang dewasa maupun bayi. Bahkan buah ini pun merupakan buah menu konsumsi para olahragawan. Pisang dipercaya mampu meningkatkan stamina para atlet dengan cepat.

Hal ini dikarenakan kandungan karbohidrat dalam pisang berbentuk gula fruktosa, gula fruktosa lebih cepat diproses menjadi energi daripada gula glukosa. Makanan yang mengandung karbohidrat dalam bentuk gula glukosa yaitu nasi. Jadi, makan pisang lebih cepat mendatangkan energi dibanding makan nasi.

Manfaat Pisang untuk Kesehatan

Manfaat Pisang Untuk Kesehatan

Karena kandungan gizinya yang melimpah. Pisang pantas dijadikan sebagai menu sehat dalam piring anda. Berikut ini manfaat pisang untuk kesehatan berdasarkan kandungan gizinya.

1. Sumber potasium
Pisang mengandung potasium yang melimpah. Potasium atau kalium bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah, menjaga fungsi otot dan syraf, membantu metabolisme karbohidrat dan lemak, menjaga kesehatan tulang, serta mengatur keasaman tubuh. Selain itu mineral ini juga bermanfaat untuk hidrasi kulit.

2. Kaya serat
Pisang kaya akan serat. Serat sangat penting adanya untuk membantu membersihkan tubuh dari racun. Selain itu serat juga menyehatkan pencernaan. Serat akan membantu mengeluarkan kotoran sisa pencernaan tanpa meninggalkan residu di saluran pencernaan. Dengan serat yang tinggi pada buah pisang berfungsi untuk mencegah kanker usus dalam saluran pencernaan.

Manfaat lain dari serat yaitu mampu menyerap lemak sehingga bagus digunakan pelengkap menu diet rendah lemak dan menu diet untuk menurunkan kolesterol. Perlu anda tahu kolesterol termasuk lemak yang apabila jumlahnya berlebihan akan bersifat jahat.

3. Sumber vitamin B6
Pisang kaya akan vitamin B6. Fungsi dari vitamin B6 sendiri yaitu untuk membantu produksi leukosit (darah putih) yang merupakan benteng tubuh dari berbagai infeksi dan penyakit. Vitamin B6 juga dapat mengurangi pembengkakan yang diakibatkan oleh obesitas.

4. Vitamin C
Vitamin C atau askorbat memiliki banyak manfaat. Vitamin C membantu untuk menyembuhkan sariawan. Vitamin C juga berkhasiat untuk kesehatan kulit. Selain itu vitamin C bekerja sebagai antioksidan yang menjaga tubuh dari radikal bebas, sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Kalsium
Pisang mengandung kalsium yang berfungsi untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi. Selain itu tercukupinya konsumsi kalsium dapat mencegah tulang keropos.

6. Vitamin lain
Pisang mengandung banyak vitamin selain apa yang telah disebutkan diatas. Berbagai vitamin penting yang ada dalam pisang yaitu vitamin A, vitamin D, folat, tiamin, niasin, riboflavin, dan lainnya. Vitamin A bermanfaat untuk kesehatan mata. Sedangkan yang lainnya membantu pembentukan darah dan menunjang aktivitas sel tubuh lainnya sehingga mampu menjaga kesehatan tubuh.

7. Mineral lain
Mineral lain selain kalium dan kalsium pada pisang.

Manfaat pisang tidak hanya untuk kesehatan. Pisang berkhasiat juga untuk kecantikan kulit dan rambut. Pisang kaya akan potasium yang berguna untuk menghidrasi kulit sehingga mampu menjaga kelembaban kulit. Antioksidan yang terkandung juga mampu mengusir jerawat.

Cara penggunaan pisang untuk memperoleh manfaat kecantikan bisa dikonsumsi langsung maupun dijadikan sebagai masker. Pisang juga berkontribusi untuk mencegah kerontokan rambut. Anda cukup menggunakan buah ini sebagai masker rambut. Sekian informasi mengenai manfaat pisang berdasar kandungan gizinya, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *