Mengulas Tentang 4 Keuntungan Menggunakan Cara Membuat Kue Tanpa Oven Sebagai Alternatif

Mengulas Tentang 4 Keuntungan Menggunakan Cara Membuat Kue Tanpa Oven Sebagai Alternatif

Belajar memasak memang akan terasa kurang lengkap kalau belum mengetahui dan memahami cara membuat kue tanpa oven. Mengapa harus yang tanpa oven? Sebab karena satu dan lain hal kegiatan membuat kue menjadi kurang efisien dan maksimal ketika membutuhkan oven. Anda tentu menyadari fakta bahwa harga oven tidaklah murah dan sekalipun ada yang murah tentu akan eman jika hanya dipakai sekali saja. Yakni pada saat muncul keinginan membuat kue dan seterusnya akan disimpan saja.

 

Pembuatan kue sepertinya memang sudah melekat dengan penggunaan oven, padahal tidak selalu demikian. Tengok saja aneka kue atau jajanan tradisional dimana pengolahannya sama sekali tidak melibatkan oven, bahkan untuk kue khas dan spesial sekalipun. Kalau orang zaman dulu bisa menyajikan kue yang manis maupun gurih padahal perlengkapan masaknya bisa dikatakan ‘primitif’. Tentunya Anda pun jauh lebih bisa menyajikan kue lebih sedap ketika ditunjang dengan perlengkapan dapur masa kini, meski tanpa oven.

 

Mengetahui Keuntungan Membuat Kue Tanpa Oven

Mengulas Tentang 4 Keuntungan Menggunakan Cara Membuat Kue Tanpa Oven Sebagai Alternatif

Pada saat menjadikan kue tanpa oven sebagai pilihan untuk diolah kemudian disajikan sebagai camilan untuk keluarga maupun kudapan untuk tamu. Maka akan ada banyak keuntungan bisa dirasakan, misalnya adalah:

 

  • Tidak harus membeli atau meminjam oven,

Untuk membuat kue tentunya tidak harus memilih resep yang menggunakan oven, sebab bisa memilih yang matangkan dikukus, digoreng, atau apapun selain dipanggang dengan oven. Sehingga tidak harus membeli ataupun meminjam oven dulu untuk mencoba resep tersebut.

 

  • Tidak harus membeli ataupun meminjam loyang,

Kalau Anda memilih kue yang dipanggang dengan oven selain harus membeli oven tentunya juga perlu membeli loyang. Pemilihan loyang pun tidak bisa sembarangan wajib disesuaikan dengan jenis kue yang dibuat. Kalau salah maka dijamin perlu membeli lagi, padahal belum tentu eksekusi resep yang dilakukan nantinya sukses maka malah rugi berkali-kali. Pertimbangkan memilih resep kue tanpa oven enak dan sederhana sehingga tidak membutuhkan loyang maupun oven.

 

  • Kue dijamin lembut karena teksturnya lebih basah,

Kue yang tidak dipanggang otomatis akan dikukus atau mungkin digoreng, keduanya proses ini menghasilkan kue yang cenderung lebih lembab. Kue kukus misalnya teksturnya akan lebih lembut dan lunak karena diolah bersama dengan uap air, tanpa menyerap kelembaban adonan kue. Sementara untuk kue yang digoreng maka nantinya teksturnya berminyak sehingga agak lembab karena adonan dimasukkan ke dalam minyak panas.

 

  • Aroma kue terasa lebih kuat dan sedap,

Soal aroma untuk kue tanpa oven memang jauh lebih kuat karena kalau dipanggang kelembabannya hilang. Padahal kelembaban inilah yang menjadikan bahan di dalam adonan kue mengeluarkan aroma khasnya. Sehingga inilah yang menjadi alasan mengapa kue dengan tekstur basah jauh lebih nikmat aromanya ketimbang kue yang cenderung kering. Bisa disimpulkan bahwa memilih resep kue yang tidak memakai oven cenderung lebih menguntungkan.

Hanya saja supaya berhasil baca resep dengan seksama kemudian tetap menakar bahan sesuai dengan yang tercantum di dalam resep tersebut.

Beberapa diantaranya bisa dibuat tanpa memakai mixer namun kadang akan lebih sempurna dengan mixer terlebih untuk jenis kue yang memang harus mengembang.

Misalnya bolu kukus, jadi jangan asal membuat adonan dan mengukusnya saja sebelum membaca resep dengan seksama.

Agar proses atau cara membuat kue tanpa oven semakin sukses campurkan BlueBand untuk menguatkan rasa dan aroma sekaligus meningkatkan kualitas tampilannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *